Kamis, 20 Desember 2012

Persamaan Kuadrat dengan menggunakan Geogebra


Melukis persamaan kuadrat dengan menggunakan Geogebra.
Setelah tampilan awal muncul lalu tulis persamaan kuadrat yang diinginkan ke dalam input bar.

 Disini saya menggunakan contoh x2-4x+4 dengan cara penulisan ( x^2 – 4x + 4) lalu klik enter, gambar yang akan muncul seperti berikut :
Kali ini kita akan menggunakan fungsi dari tool slider.
Pilih tool slider pada tools bar. Akan muncul Seperti berikut :
Setelah kita pilih tool slider, klik sembarang tempat pada tempat grafik maka akan muncul jendela slider. Setiap kotak dapat diisi sesuai perintah yg anda inginkan, contoh gunakan nilai min = -5 dan nilai max = 5, serta increment = 1 dengan nama “a”. Lalu klik apply.

Maka nanti akan muncul slider a. Seperti berikut :
Klik lagi di sembarang tempat, lakukan juga hal yang sama beri nama slider yang kedua dengan “b”.
Klik apply maka akan muncul slider b .
Klik lagi di sembarang tempat, lakukan juga hal yang sama beri nama slider yang ketiga dengan “c”.
Klik apply maka akan muncul slider c .

Sekarang isilah persamaan kuadrat ke input bar.
Ganti konstanta persamaan kuadrat dengan variabel a, b, dan c. Jangan lupa beri kurung pada setiap konstanta tersebut,Seperti berikut ini :
Klik enter maka akan terbentuk grafik persamaan kuadrat yang semua konstantanya sama dengan 1, karena slider a, b, dan c dalam keadaan sama dengan 1.

Kemudian pilih tool move pada tool bar. 

Sekarang slider-slider yang telah di buat dapat diggeser ,cobalah geser slider-slider tersebut secara bergantian. Maka akan terlihat perubahan pada gambar grafiknya dan juga pada persamaannya. Lakukan seperti itu bergantian pada setia slider.

Dapat kita simpulkan.
Slider “a” = mempengaruhi lebar parabola, jika positif maka gambar menjadi parabola terbuka ke atas sedangkan jika negative maka gambar menjadi parabola terbuka ke bawah. Sedangkan jika a bernilai 0, maka gambar menjadi gambar persamaan garis lurus.

Slider “b” = mempengaruhi letak parabola, di kanan sumbu y atau di kiri sumbu y. Jika pada persamaan garis lurus, maka b mempengaruhi kemiringan pada garis.

Slider “c” = mempengaruhi letak puncak parabola jika gambar berbentuk parabola, jika pada persamaan garis lurus maka c mempengaruhi letak garis. 

Selain itu dapat di coba :
Klik file lalu new.
Lakukan hal yang sama, buat slider a, b, dan c. Masukkan persamaan kuadrat ke input bar. Ganti konstanta persamaan kuadrat dengan variabel a, b, dan c. Jangan lupa beri kurung pada setiap konstanta tersebut. Seperti berikut ini. Kali ini kita akan membuat persamaan kuadrat yang variabelnya y.
Klik enter, maka akan terbentuk grafik persamaan kuadrat dengan vaiabel y. geser-geser slidernya, maka kita akan mengetahui fungsi dari setip slider seperti persamaan kuadrat yang sebelumnya.


Terimakasih .. selamat mencoba ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar