Abstrak
Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan guru
di kelas menjadi persoalan yang
sangat menarik untuk didiskusikan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran bermakna
yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa dan sikap
positif terhadap matematika sangat jarang dilakukan. Yang ada hanya proses
penghafalan konsep-konsep matematika yang sifatnya mekanistik. Akibatnya,
beberapa hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sangat tidak memuaskan. Tulisan ini
menguraikan tentang pendekatan matematika realistik yang baik secara teoritis
maupun dari beberapa basil penelitian yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir
logis dan sikap positif siswa terhadap matematika yang pada akhirnya dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.
Review :
Proses pembelajaran
matematika yang dilaksanakan guru di kelas sekarang banyak dilakukan hanya
dengan proses penghafalan yang konsep-konsep matematika yang sifatnya
mekanistik sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran siswa
sangat tidak memuaskan. Jika proses belajar dilakukan dengan pendekatan
matematika realistik yang baik secara teoritis dapat mengembangkan kemampuan
berpikir logis dan sikap positif siswa terhadap matematika yang pada akhirnya
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar