Kamis, 11 Oktober 2012

MENUMBUHKEMBANGKAN BERPIKIR LOGIS DAN SIKAP POSITIF TERHADAP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Oleh : ZAINUDIN RIFAI

Judul : Menumbuhkembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap
Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik
Alamat :http://zainurie.files.wordpress.com/2007/11/j61_091.pdf



Review :

Permasalahan saat ini yang banyak sedang didiskusikan dikalangan pendidik yaitu cara bagaimana proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan para guru di kelas. Siswa siswi pada umumnya berpikir bahwa matematika itu hanya pembelajaran yang menakutkan yg mendominasikan seorang guru "killer" ataupun sebuah pelajaran yang sangat membosakankan. Selama proses belajar matematika yang sedang dilaksanakan, guru hanya memberikan konsep-konsep hafalan yang sifatnya mekanik sehingga tidak adanya ketertarikan dan hanya memberi tekanan pada siswa dalam proses pembelajaran matematika. Sehingga dari hasil penelitian belajar siswa saat ini sangat tidak memuaskan.
seharusnya guru dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa dan sikap positif siswa terhadap matematika. Dengan pendekatan matematika realistik yang baik secara teoritis akan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa , terlebih saat ini banyak media yang dapat digunkan untuk menarik perhatian siswa sehingga merasa bahwa belajar matematika itu sangat menyenangkan.

Kelebihan :
Dengan ini setiap calon guru yang mengetahui masalah ini akan meningkatkan cara proses pembelajaran dengan cara yang semakin menarik sehingga setiap siswa dapat berpikir logis dan mulai menyukai pembelajaran matematika.
Kekurangan :
Mungkin tidak semua guru atau calon guru yang memberikan perhatian lebih dengan masalah ini karena tidak adanya kepedulian atau pengetahuan yang lebih tentang cara proses pembelajaran yang lebih menarik dan aktif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar